• Breaking News

    Thursday 9 February 2017

    Bagaimana Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan


    Dear, sudah lama jadi peserta BPJS dan kamu ingin tahu berapa saldo BPJS ketenagakerjaan kamu? Tenang Dear, Howto akan berbagi cara untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan.
    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan secara Manual

    Cara manual yaitu dengan mendatangi langsung Kantor BPJS Ketenagakerjaan, kemudian bertemu dengan petugas dan minta untuk di-print-kan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan. Namun, cara manual ini sudah mulai ditinggalkan jaman Dear seiring semakin banyaknya pilihan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang lebih mudah dan praktis. Apalagi untuk kamu yang sibuk kerja dan susah untuk ijin dari kantor.

    2. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online

    Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui internet atau secara online, peserta dapat mengaksesnya melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, dengan cara sebagai berikut:
    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
    • Siapkanlah kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ Anda dan kunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Atau langsung masuk ke menu es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.
    • Masukkan user ID dan password di Login jika sebelumnya sudah pernah mendaftar. Namun, jika Anda baru (belum pernah mendaftar), harus mendaftar lebih dulu dengan cara klik tulisan Registrasi pada menu Tenaga Kerja (jika berstatus sebagai tenaga kerja).
    • Ketika mendaftar, pilihlah jenis keanggotaan sebagai Tenaga Kerja dan isilah form yang sudah tersedia dengan lengkap dan benar.
    • Kemudian pilihlah Setuju pada kolom ketentuan penggunaan layanan.
    • Bila data sudah terisi lengkap dan benar, klik Daftarkan atau SUBMIT DATA.

    Setelah semuanya selesai dan sudah mendaftar, silakan tunggu email konfirmasi atau balasan pesan SMS dari nomor ponsel (HP) untuk aktivasi akun. Jika sudah menerima email atau SMS konfirmasi, silakan masukkan kode aktivasi di alamat yang sudah tersedia lalu klik tombol kirim, supaya User Id dan Password dapat digunakan. Kemudian cek Inbox email Anda. Bila sudah aktif, dapat langsung melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan via online dengan terlebih dahulu Login menggunakan email yang Anda daftarkan dan PIN.

    Proses selanjutnya ikuti langkah berikut ini:
    • Setelah masuk di menu member BPJS? Ketenagakerjaan, pilihlah menu Lihat Saldo JHT.
    • Kemudian pilihlah KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda, lalu klik tombol SUBMIT, jumlah saldo Anda akan muncul di layar.
    • Setelah puas mengetahui jumlah saldo, Anda dapat kembali ke Home dan browsing dengan mengklik menu-menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya, seperti informasi rincian Saldo JHT tahunan, informasi Profil Anda, simulasi Saldo JHT, dan formulir pengajuan klaim secara online.


    3. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM

    Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak yang terkait untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah untuk dilakukan bagi pengguna BNI. Jadi Dear,. yang bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan hanya Nasabah BNI saja ya.

    4. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

    Cara Cek Saldo melalui SMS ini adalah cara mobile yang paling mudah dan bisa dilakukan siapa saja yang tidak terkoneksi dengan internet. Caranya cukup mudah dengan mengirimkan SMS ke Nomor SMS Center BPJS Ketenagakerjaan kemudian Anda akan mendapatkan balasan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan.
    Namun, sebelumnya, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS. Berikut ini format registrasi untuk mendapatkan ID BPJS Ketenagakerjaan:

    1. Ketik: REG#NoJamsostek/BPJS#TanggalLahir#NamaIbuKandung, kemudian kirim ke 08111009696, Contoh: REG#02D00065455#230384#tiara kirim ke 08111009696.
    2. Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi ID sebagai berikut: TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789. UNTUK MENGETAHUI SALDO ANDA, KETIK SALDO#ID_ANDA.
    3. Jika ID sudah didapatkan, Anda dapat langsung cek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut dengan format sebagai berikut:
    4. Ketik SALDO#ID_Anda, kemudian kirim ke 08111009696, Contoh: SALDO#123456789 kirim ke 08111009696
    5. Kemudian Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi saldo JHT sebagai berikut: SALDO JHT ANDA NO. ID 123456789 S.D 30 11 2015 RP.14.000.000. SMS tersebut berarti saldo dengan ID 123456789 sampai dengan tanggal 30 bulan 11 tahun 2015 ialah sebesar 14 juta rupiah.


    Semoga membantu ya Dear,.

    No comments:

    Post a Comment

    Healty

    Life

    Teknologi